Istilah dalam Jual Beli Online yang Wajib Diketahui

Harus Anda ketahui di dalam kegiatan jual beli online, terdapat istilah jual beli online yang harus Anda ketahui sebagai pebisnis online. Kehadiran teknologi sudah memberikan dampak dalam cara berkomunikasi penjual dan pembeli.

Kehadiran forum online pun turut serta untuk menciptakan berbagai istilah baru yang sering digunakan. Untuk itu, agar tidak terjadi komunikasi antara Anda selaku pihak penjual online dan pembeli, berikut ini beberapa istilah yang harus Anda ketahui.

15 Istilah Jual Beli Online Yang Harus Anda Ketahui

1. COD

Istilah jual beli online pertama yang harus Anda ketahui adalah COD. COD adalah singkatan dari cash on delivery yang artinya adalah pembayaran bisa dilakukan secara tunai ketika barang sudah diantar.

2. Ongkir

Ongkir adalah singkatan dari ongkos kirim. Sedangkan free ongkir artinya gratis ongkos kirim. Beberapa pihak marketplace terkadang memberikan promo gratis ongkos kirim bila pelanggan melakukan pembelian dengan jumlah nominal tertentu.

Baca juga: Cara dan Strategi untuk Berbisnis Online yang Sukses

3. Gan atau Agan

Pada dasarnya, gan atau agan ini diambil dari kata juragan. Kata ini biasa digunakan untuk memanggil penjual dan pembeli. Jadi, setiap pihak akan memanggil satu sama lainnya dengan sebutan agan atau gan seperti mas, kak, bro, sis, dan lain sejenisnya.

4. Nego

Nego berasal dari kata negosiasi atau kegiatan tawar menawar. Biasanya, pembeli akan bertanya “masih bisa nego, gan?”, yang mana artinya adalah pembeli akan mewar produk yang sedang Anda jual.

5. Rekber

Rekber adalah singkatan dari rekening bersama. Rekening bersama adalah rekening milik pihak ketiga yang bermanfaat sebagai tempat penitipan uang hingga barang sudah benar-benar diterima oleh pihak pembeli.

Bali barang tidak kunjung tiba diterima pembeli atau bahkan tidak sesuai, maka pihak ketiga sebagai pemilik akun rekber akan memberikan uang pembayaran pada pihak pembeli lagi.

6. Dropship

Istilah dalam jual beli online selanjutnya adalah Dropship. Dropship adalah model bisnis yang mana pihak ketiga akan membantu menjual produk milik penjual yang sebelumnya sudah diajak kerjasama. Jadi, seorang dropshipper hanya akan menjadi pihak perantara yang akan menjual barang.

Baca juga: 5 Manfaat Menjalankan Bisnis Online di Era Digital Seperti Sekarang

7. Reseller

Reseller adalah pihak yang menjual ulang produk yang sudah dibelinya. Itu artinya, mereka harus mempunyai stok produk yang banyak untuk dijual ke pelanggan.

8. Mint Condition atau Like New

Istilah dalam jual beli online yang kedelapan adalah line new atau mint condition. Artinya, barang yang dijual oleh pihak penjual berada dalam kondisi yang sangat baik atau masih sama seperti barang baru. Biasanya, istilah ini akan digunakan untuk barang bekas yang belum pernah digunakan atau baru sekali digunakan.

9. Refurbished

Refurbished digunakan untuk berbagai perlengkapan elektronik yang sudah diperbaiki sebelum dijual kembali. Idealnya, barang yang sudah mengalami perbaikan ini akan mempunyai kualitas yang sama seperti barang baru yang dijual di toko. Tapi, beberapa barang refurbished juga ada yang lebih mudah rusak.

10. OEM

OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacture. Artinya, barang OEM adalah barang asli yang dibuat oleh suatu perusahaan, agar kemudian dibeli lagi oleh perusahaan lain dengan brandnya masing-masing.

11. BU

BU atau Butuh Uang adalah istilah dalam jual beli online yang digunakan oleh penjual untuk menjelaskan motivasinya dalam menjual produk dengan harga yang lebih rendah daripada harga pasar.

Baca juga: 10 Bisnis Online tanpa Modal yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

12. BT

BT atau Barter adalah penjual ataupun pembeli yang menawarkan pilihan barter dengan produk barang lainnya yang memiliki nilai sama.

13. WTS atau WTB

Dalam jual beli online, WTS adalah want to sell atau ingin menjual. Sedangkan WTB atau want to buy adalah istilah dalam jual beli online yang berarti ingin membeli.

14. DM atau PM

DM adalah singkatan dari direct message dan PM adalah personal message. Kedua singkatan ini memiliki arti yang sama bahwa pembeli bisa langsung mengontak penjual melalui jalur komunikasi pribadi.

15. BNIB Atau BNOB, Istilah Dalam Jual Beli Online yang Biasa Disebut

Istilah dalam jual beli online yang terakhir adalah BNOB atau BNIB. BNIB adalah singkatan dari brand new in box, yang artinya barang tersebut masih baru dan masih tersegel di dalam box penjualan.

Sedangkan BNOB adalah brand new on box, yang artinya barang tersebut telah dikeluarkan dari box penjualan karena alasan khusus, umumnya untuk melakukan aktivasi IMEI pada smartphone.

Baca juga: Peluang Bisnis Online 2021 yang Bisa Dilakukan Tanpa Modal

Penutup

Demikianlah istilah dalam jual beli online yang harus Anda pahami sebagai penjual online. Tentunya istilah tersebut akan terus mengalami perkembangan dan bukan tidak mungkin nantinya akan ada istilah-istilah baru yang bisa digunakan oleh pembeli dan penjual online.

Menjalankan bisnis online memang harus dilakukan secara cermat, setiap penjualan dan keuntungan yang diperoleh harus dicatat secara tepat. Namun, bila Anda masih mencatatnya secara manual, tentu akan memakan waktu yang lama dan rentan terjadi kesalahan. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa mempercayakannya pada Accurate Online.

Accurate Online adalah aplikasi bisnis dan akuntansi yang sudah dipercaya oleh lebih dari 483 ribu pebisnis di Indonesia dan akan terus meningkat lagi. Aplikasi ini akan mencatat setiap kegiatan penjualan dan keuntungan yang sudah Anda dapatkan serta menyajikan lebih dari 200 jenis laporan keuangan secara akurat.

Anda pun akan lebih mudah dalam mengelola persediaan, penjualan, pembelian, perpajakan dan lain sebagainya karena Accurate Online sudah dilengkapi dengan fitur yang sangat luar biasa.

Penasaran? Coba rasakan sendiri kelebihan dan fitur luar biasa dari Accurate Online melalui banner di bawah ini, gratis!

Leave a Comment